Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambung Roso : Power Silaturahmi untuk Masifkan Gerakan Organisasi

pemudabisa.com - Sambung Roso merupakan istilah Jawa yang mempunyai arti "Menyambung rasa", dalam kehidupan Organisasi istilah tersebut memiliki makna yang sangat dalam karena tidak sesederhana diwujudkan dalam bentuk tatap muka saling sapa saja tetapi lebih dari itu, yaitu menyambungkan rasa (bathiniyah) terhadap organisasi dan person yang ada dalam organisasi. 

Terlebih dalam organisasi atau kepengurusan yang baru "Sambung Roso" mampu menjadi alternatif program untuk merajut kebersamaan serta menyamakan visi dan misi. 

Periode kepengurusan organisasi pastinya tidak hanya berlangsung satu atau dua hari saja tapi lebih dari itu, bisa satu tahun, dua tahun, tiga tahun atau lebih.

Tentunya dalam keberlangsungan perjalanan organisasi tersebut mulai awal hingga akhir membutuhkan Tim yang solid untuk mewujudkan 4 T (Tepat dalam Perencanaan Program, Tepat dalam Pelaksanaan Pogram, Tepat dalam Evaluasi Program, Tepat dalam Pelaporan). 

Merupakan suatu perjalanan yang panjang mulai perencanaan hingga pelaporan program, dalam hal ini kepengurusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Durenan - Trenggalek yang masih baru seumur biji jagung menerapkan program "Sambung Roso" untuk mewujudkan Tim yang solid dan mampu menghadapi segala dinamika organisasi hingga 3 (tiga) tahun kedepan yaitu masa khidmat kepengurusan 2021-2023.

Mengapa dinamakan “Sambung Roso”?

Istilah tersebut bermula dari pesan Agus Baha'udin atau Gus Baha’ sapaan akrab beliau (Pengasuh PP. Hidayatut Thullab/Pondok Tengah Kamulan) kepada sahabat-sahabat Ansor sowan ke ndalem (rumah) beberapa waktu yang lalu. 

Beliau berpesan, 

"Ansor Banser 'nyambung roso' sesama kader, agar program-program organisasi bisa dijalankan lebih mudah"

ini lah dasar riwayat yang menjadikan program ini dinamakan "Sambung Roso". 

Sambung roso ini merupakan kegiatan silaturrahmi yang bertujuan untuk merekatkan hubungan bathiniyah kita terhadap organisasi serta hubungan anggota dan kader Ansor, Banser, Rijalul Ansor di wilayah Kecamatan Durenan mengingat kepengurusan yang masih baru.

Karena dalam kepengurusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) sekelas lingkup kecamatan masih ada kepenguruasan Pimpinan Ranting atau sekelas Desa, maka agenda "Sambung Roso" akan menjadi kegiatan rutin satu bulan sekali yang diselenggarakan secara bergilir di semua ranting se Kecamatan Durenan.

Agenda yang pertama kali atau pembukaan “Sambung Roso” kemarin (Sabtu, 13 Maret 2020) bertempat di Sekretariat PAC GP Ansor Durenan yang dihadiri oleh jajaran kepengurusan Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting dan dihadiri pula oleh Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Trenggalek beserta rombongan.

Posting Komentar untuk "Sambung Roso : Power Silaturahmi untuk Masifkan Gerakan Organisasi"